You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Pasirpogor
Desa Pasirpogor

Kec. Sindangkerta, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

Jangan lupa memakai masker cuci tangan dan jaga jarak

Pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap 1 di Desa Pasirpogor

Administrator 25 April 2024 Dibaca 55 Kali
Pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap 1 di Desa Pasirpogor

Pasirpogor, 25 April 2024, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) menjadi salah satu upaya nyata pemerintah untuk memberikan bantuan kepada keluarga prasejahtera di tingkat desa. Di Desa Pasirpogor, pendistribusian BLT DD Tahap 1 untuk bulan Januari, Februari, dan Maret telah dilakukan dengan tujuan untuk meringankan beban ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gambaran Umum Pendistribusian BLT DD Tahap 1

  • Jumlah Bantuan: Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan sebesar Rp. 300.000 per bulan.

  • Jumlah Penerima: Total 49 KPM di Desa Pasirpogor yang tersebar di 38 RT menerima bantuan ini.

Proses Pendistribusian

  1. Identifikasi Penerima Manfaat (KPM): Sebelum proses pendistribusian dimulai, dilakukan identifikasi terhadap keluarga-keluarga prasejahtera yang memenuhi kriteria untuk menerima BLT DD. Kriteria ini meliputi:

    • a. Kehilangan mata pencaharian;
    • b. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel;
    • c. Tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan;
    • d. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/atau
    • e. Perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.
  2. Pendaftaran dan Verifikasi: RT RW mendaftarkan calon KPM  sebagai penerima BLT DD Tahap I. Pemerintah desa kemudian melakukan verifikasi ulang untuk memastikan bahwa data yang disampaikan oleh KPM sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

  3. Penyaluran Bantuan: Setelah verifikasi selesai, BLT DD Tahap 1 sebesar Rp. 300.000 per bulan didistribusikan kepada setiap KPM. Proses penyaluran dilakukan secara transparan dan dihadiri oleh perwakilan masyarakat setempat BPD, Kecamatan.

  4. Monitoring dan Evaluasi: Setelah pendistribusian dilakukan, dilakukan pemantauan terhadap penggunaan dana BLT DD dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat penerima. Evaluasi ini membantu pemerintah desa untuk melakukan perbaikan atau penyesuaian kebijakan jika diperlukan.

Dampak dan Harapan Masa Depan

Pendistribusian BLT DD Tahap 1 di Desa Pasirpogor diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat penerima. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli mereka, membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Melalui upaya seperti ini, pemerintah desa Pasirpogor berkomitmen untuk terus mendukung kesejahteraan masyarakatnya, serta memastikan bahwa setiap langkah yang diambil selaras dengan prinsip-prinsip keadilan, transparansi, dan akuntabilitas. Dengan kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, diharapkan bahwa Desa Pasirpogor dapat terus berkembang menjadi lingkungan yang lebih sejahtera dan berkelanjutan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

APBDes 2024 Pendapatan

APBDes 2024 Pembelanjaan